Salah satu model pembelajaran kontekstual yang mengajarkan bagaimana
siswa belajar dengan benar terutama pada pengetahuan yang bersifat
deklaratif dan pengetahuan prosedural adalah melalui model pembelajaran
strategi-strategi belajar (Learning Strategy), dan jenis yang sering
digunakan adalah metode PQ4R (Preview, Question, Read, Recite,
Reflection, Review).
Strategi PQ4R merupakan rangkaian inovasi dari pendekatan konstruktivis
dalam belajar. Siswa diminta untuk mengeksplorasi kemampuannya membuat
struktur berpikir sebelum membaca dengan menyusun pertanyaan-pertanyaan
yang menjadi acuan bagi siswa untuk menggali informasi yang dibutuhkan
dari teks bacaan. Kemudian siswa secara mandiri membaca teks sembari
mencari jawaban dari pertanyaan yang telah dibuatnya.
Materi pembelajaran yang cocok untuk metode PQ4R:
SK 2 : Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
KD 2.1 : Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui
adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan.
Tema : Adaptasi dan Seleksi Alam
Penerapan Strategi Belajar PQ4R
Langkah – langkah :
1. Preview
Baca selintas dengan cepat tugas membaca tersebut. Perhatikan judul-judul dan topik-topik utama, baca tinjauan umum (overview) dan rangkuman, dan ramalkan bacaan tersebut akan membahas tentang apa.
2. Question
Dalami topik-topik dan judul-judul utama dan ajukan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan didalam bacaan tersebut.
3. Read
Bacalah
bahan tersebut. Berikan perhatian pada ide-ide utama dan carilah
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada langkah 2.
4. Refleks
Melakukan refleksi
sambil membaca. Ciptakan gambaran visual dari bacaan. Cobalah untuk
menghubungkan informasi baru didalam bacaan dengan apa yang telah anda
ketahui
5. Recite
Setelah membaca, lakukan resitasi
dengan menjawab dengan suara keras pertanyaan-pertanyaan yang kamu
ajukan tersebut tanpa membuka buku. Hafalkan daftar atau fakta-fakta
penting lain yang terdapat didalam bacaan dengan suara keras atau suara
pelan.
6. Review
Review dengan mengulang kembali seluruh bacaan, baca ulang bila perlu, dan sekali lagi jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
Proses
penilaian dalam model pembelajaran strategi elaborasi metode PQ4R ini
adalah penilaian berbasis kelas yang terdiri dari penilaian proses dan
penilaian hasil. Penilaian proses dilaksanakan selama kegiatan
pembelajaran yang terdiri dari beberapa tegihan seperti; kuis,
pengamatan, dan fortofolio. Penilaian pengamatan dilaksanakan oleh siswa
dan guru sedangkan penilaian fortofolio dilaksanakan oleh guru
berdasarkan hasil karya siswa berupa tugas kelompok atau tugas individu.
Penilaian hasil dilaksanakan dengan menggunakan tes tertulis pada akhir
pelajaran bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar yang
disyaratkan oleh kurikulum.
Tabel 1 Langkah-langkah PQ4R
Langkah
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Preview
|
- Guru menugaskan siswa untuk membuka buku siswa pada materi adaptasi dan seleksi alam.
- Guru menyuruh siswa untuk membaca sepintas materi tersebut dan memperhatikan judul – judul serta topik – topik utama.
- Guru menyuruh siswa meramalkan bacaan tersebut akan membahas tentang apa.
|
- Siswa membaca sepintas materi tentang Adaptasi dan Seleksi Alam
- Siswa
memperhatikan judul-judul (Adaptasi dan Seleksi Alam) dan topik-topik
utama (Adaptasi Morfologi, Fisiologi dan Tingkah Laku)
- Siswa meramalkan bacaan tersebut akan membahas tentang apa.
|
Question
|
- Guru menyuruh siswa mendalami topik-topik dan judul utama serta diharapkan siswa dapat mengajukan pertanyaan.
|
- Siswa mendalami topik-topik dan judul-judul utama
- Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan didalam bacaan tersebut. Misalnya:
Bagaimana contoh adaptasi tingkah laku pada hewan?
|
Read
|
- Guru menyuruh siswa membaca materi secara keseluruhan.
- Guru menyuruh siswa memperhatikan ide-ide utama dan mencari jawaban atas pertanyaan – pertanyaan yang telah diajukan tadi.
|
- Siswa membaca bahan tersebut.
- Siswa memperhatikan ide-ide utama dan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada langkah 2.
|
Reflect
|
- Guru menyuruh siswa membayangkan (menciptakan gambaran visual) dari bacaan.
|
- Siswa melakukan refleksi
- Siswa menciptakan gambaran visual dari bacaan.
Misalnya :
Siswa membayangkan peristiwa mimikri yang di alami pada hewan bunglon.
- Siswa mencoba menghubungkan informasi baru didalam bacaan dengan apa yang telah di ketahui sebelumnya.
|
Recite
|
- Guru menyuruh siswa menjawab dengan suara keras pertanyaan - pertanyaan yang diajukan siswa tanpa membuka buku.
|
- Setelah
membaca, siswa melakukan resitasi dengan menjawab dengan suara keras
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa tersebut tanpa membuka buku.
Misalnya :
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara keras bahwa contoh adaptasi tingkah laku pada hewan yaitu, bunglon mengalami mimikri.
|
Review
|
- Guru menyuruh siswa mereview materi yang telah dipelajari.
- Guru
menyuruh siswa untuk membaca kembali materi jika siswa belum memahami
materi tersebut serta membuat pertanyaan dari materi yang belum
mereka pahami.
|
- Siswa
mereview materi yang telah dipelajari tentang adpatasi dan seleksi
alam, kemudian baca ulang jika perlu. Dan buat pertanyaan serta
jawablah pertanyaan tersebut.
Misalnya:
Bagaimana akibat yang muncul dari hasil seleksi alam?
Jawab :
|
Seminole Hard Rock Casino Hollywood - MapyRO
BalasHapusSeminole Hard Rock 제천 출장샵 Casino Hollywood is a Native 나주 출장안마 American casino in Hollywood, FL and owned by 양주 출장안마 the 충청남도 출장마사지 Seminole Tribe of Florida. 광주 출장안마 Rating: 4.1 · 3 reviews